Mau Beli Rumah di Jakarta?

  • 2 years ago
  • 1
Rumah di Jakarta

alakazam.id – Masifnya pembangunan di ibukota membuat hampir 50 persen warga Jakarta tidak mampu membeli rumah. Tapi jangan khawatir, karena untuk memiliki rumah idaman di Jakarta, kini bukanlah hal yang mustahil.

Nah, jika Anda tertarik untuk memiliki rumah di area Jakarta, mari pahami dulu hal-hal berikut ini.

Fakta Rumah di Jakarta

Rumah tapak dengan harga Rp 200 juta hingga Rp 300 jutaan di pusat kota Jakarta, hingga kini memang masih ada. Namun, sebagian besar rumah-rumah tersebut adalah berupa rumah bekas yang berada di gang-gang sempit di pemukiman padat penduduk. Luas tanahnya pun juga tidak seberapa, hanya 20 sampai 30 meter persegi.

Kalaupun ada rumah tipe cluster yang masih baru, dengan luas tanah yang terbilang layak di kawasan Jakarta, letaknya ada di pinggiran Jakarta Timur. Itu pun cepat sekali ludes terjual. Sementara lahan yang ada pun semakin habis.

Alternatif lain dari rumah tapak yang tersisa, maka mau tidak mau berada di luar Jakarta, seperti di Tangerang, Bekasi, hingga Maja, Banten.

Alternatif tipe hunian lainnya dengan harga serupa di pusat kota Jakarta adalah hunian vertikal berupa rumah susun sederhana milik atau Rusunami.

Mengingat langkanya lahan di Jakarta, maka Rusunami bisa menjadi pilihan yang paling masuk akal jika Anda ingin tinggal di pusat ibukota.

Lalu, bagaimana dengan DP dan cicilannya?

Untuk penghasilan di bawah Rp 4 juta di Jakarta, Anda masih berhak mengikuti program KPR bersubsidi. Dengan uang muka atau DP sebesar 15 persen dari harga rumah, setidaknya Anda harus menyiapkan dana sebesar Rp 22,5 juta untuk membeli rumah subsidi, yang harga rata-ratanya berkisar Rp 150 juta melalui KPR.

Dan bagi yang bergaji UMP DKI, atau Rp 3,35 juta per bulan, artinya mereka harus menabung Rp 2 juta per bulan selama 11 bulan hanya untuk DP saja.

Cicilannya pun akan disesuaikan dengan persentase penghasilan. Dengan memperhitungkan suku bunga sebesar 5 persen per tahun, maka mereka yang bergaji UMR setidaknya harus mencicil Rp 750.000 per bulan selama 25 tahun.

Sementara bagi mereka yang bergaji di atas Rp 4 juta, maka mau tidak mau harus mengambil KPR non subsidi yang harganya di atas Rp 300 juta jika ingin memiliki rumah.

Setidaknya Anda harus menyiapkan Rp 60 juta untuk mendapatkan rumah lewat KPR non subsidi. Artinya, mereka yang bergaji Rp 6 juta per bulan, harus menabung seluruh gajinya selama 10 bulan untuk DP dan menyisihkan Rp 2,2 juta per bulan selama 25 tahun untuk cicilannya.

Data di atas baru hitung-hitungan di atas kertas. Masih banyak faktor lain yang perlu diperhitungkan, seperti BI checking serta harga properti yang terus merangkak naik.

Sebagai informasi, berdasarkan data untuk wilayah Jakarta Barat dan Jakarta Utara menjadi yang signifikan mengalami kenaikan harga rumah. Di Jakarta Barat, kenaikan rata-rata harga rumah naik 4,78 persen dibandingkan tahun lalu atau menjadi Rp 28,5 juta/m2. Sedangkan di Jakarta Utara naik 7,62 persen dibandingkan enam bulan lalu atau menjadi Rp 22,6 juta/m2.

Nah, sebagai perusahaan teknologi yang bergerak di bidang properti (PropTech) di Indonesia, kami dari alakazam.id berusaha mengakomodir minat masyarakat Indonesia untuk memiliki tempat tinggal.

Kami berinisiatif untuk membantu masyarakat yang ingin mencari rumah idaman sebagai tempat tinggal secara aman dan terpercaya.

Di platform ini, masyarakat akan mendapatkan informasi terkini mengenai properti dan juga beragam promo yang kami berikan untuk membantu calon pembeli menemukan tempat tinggal idaman dengan harga bersaing.

Selain mendapatkan informasi tentang produk properti unggulan, dalam platform ini setiap calon pembeli juga berkesempatan mendapatkan harga yang lebih murah up to 40 persen dari harga pasar dan bisa dicicil.

alakazam.id sendiri merupakan sebuah platform yang akan membantu menghubungkan Anda dengan investor lainnya yang juga memiliki kendala yang sama, sehingga Anda dan para investor tersebut bisa patungan untuk membeli sebuah properti yang potensial.

Mengapa dikatakan potensial? Sebab alakazam.id memiliki tim riset yang berpengalaman dan ahli dalam memilih properti yang potensial untuk dijual kembali dengan keuntungan yang besar, dan juga memiliki penghasilan sewa yang tinggi.

Selain itu, alakazam.id juga hadir sebagai solusi bagi Anda yang sudah memiliki modal untuk memulai bisnis properti, tapi khawatir akan kesulitan dalam menjualnya kembali, atau merasa repot dan kewalahan jika harus mengurus sendiri berbagai hal yang diperlukan seperti legal, maintenance, dan yang lainnya.

alakazam.id tidak hanya cocok bagi yang ingin mencari rumah idaman, tetapi juga bagi yang ingin menjadikannya sebagai instrumen investasi. Hal tersebut disebabkan banyak properti yang ditawarkan di sini dan berada di lokasi yang strategis, sehingga dapat meningkatkan nilai capital gain dan yield produk tersebut.

Untuk lebih lengkapnya, bagaimana cara mendapatkan properti yang terbaik dan manfaatnya paling maksimal, Anda bisa kepoin langsung di platform ini, dan pilih investasi properti favorit Anda.

Untuk mempermudah pencarian produk properti yang cocok untuk pilihan investasi, Anda juga bisa langsung menghubungi kami DI SINI untuk mendapatkan informasi lebih lengkap dan konsultasi GRATIS untuk pilihan investasi Anda.

Jadi, tunggu apa lagi? Segeralah bergabung bersama kami! Hanya alakazam.id yang memberikan Anda kemudahan dalam membeli properti. So, selamat berburu properti dan berinvestasi!

Join The Discussion

Compare listings

Compare